Aksi Aliansi “Solidaritas Peduli Muslim Rohingya”, KAMMI Jember Gandeng Berbagai Elemen

pc.by:hms
Kamis (07/09/2017)- Jember, sedang diramai oleh aksi penggalangan dana yang dilakukan berbagai komunitas, pergerakan mahasiswa, dan lembaga sosial untuk etnis Rohingya, Myanmar. KAMMI Jember beserta berbagai elemen turut serta turun ke jalan untuk gelar aksi solidaritas peduli muslim Rohingya. Aksi aliansi ini juga terjadi di berbagai daerah dan wilayah di seluruh Indonesia. Dimana pada hari yang sama, KAMMI mengadakan aksi serentak yang digelar di 50 titik seluruh Indonesia. Kondisi memprihatinkan dari Muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar telah mengundang perhatian dunia. Tindakan Militer Myanmar terhadap etnis Rohingya dinilai telah melanggar batas-batas kemanusiaan. Pengusiran dan tindakan genosida yang dilakukan di Rakhine oleh Militer Myanmar mendapat respon dari berbagai pihak. Tekanan dari dunia Internasional terus dilayangkan terhadap Pemerintah Myanmar agar menghentikan tindakan sewenang-wenang terhadap etnis Rohingya. KAMMI Jember beserta seluruh elemen yang berpartisipasi dalam aksi aliansi ini juga menuntut hal yang sama.


pic.by:hms
Aksi aliansi yang digelar di depan gedung DPRD Kota Jember, menuntut pemerintah Indonesia agar turut aktif menyelesakan krisis kemanusian yang terjadi di Myanmar. Selain itu aksi aliansi ini menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat daerah Jember agar  tidak mudah terprovokasi dan tetap menjaga kerukunan antar umat beragama.

Aksi dimulai pada pukul 08.00 WIB bersama berbagai elemen, diantaranya Garuda Keadilan (GK), Pusat Advokasi dan Hak Asasi Manusia (PAHAM), UKM-KI Kosinus Teta,  Rumah Zakat (RZ), Forum Silaturrahim Dakwah Kampus (FSLDK), Odoj Jember, Tebar Sedekah, dan BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia). Orasi dilakukan oleh masing-masing perwakilan dari elemen-elemen tersebut temasuk dari KAMMI Jember. Pernyataan sikap aksi aliansi “Solidaritas Peduli Umat Muslim Rohingya”diantaranya:

1.       Mengutuk tindakan genosida etnis Rohingya yang terjadi di Myanmar
pic.by:hms
2.       Meminta pemerintah Indonesia untuk mengusir Dubes Myanmar dari Indonesia
3.       Mndukung penuh upaya pemerintah Indonesia untuk aktifdalam menyelesaikan krisis kemanusiaan di Myanmar
4.       Menuntut negara anggota ASEAN memberikan sanksi Diplomatik kepada Myanmar
5.       Mendesak PBB untuk menekan Myanmar agar memberikan hak-hak kewarganegaraan kepada etnis Rohingya
6.       Menyeret elite pemerintah yang menjadi aktor intelektual genosida ke Mahkamah Internasional
7.       Mengajak Masyarakat Jember mendoakan dan menyumbangkan sebagian hartanya serta melakukan penggalangan dana bagi pengungsi Rohingya.

Aksi dilanjutkan dengan teatrikal dan pembacaan puisi oleh kawan-kawan mahasiswa. Selain itu juga ada pengumpulan petisi. Selatjutnya adalah Hearing bersama DPRD Kota Jember. Di depan Anggota DPRD disampaikan pernyataan sikap Aksi Aliansi “Solidaritas Peduli Muslim Rohingya”. Berdasarkan penyataan dari Korlap Aksi, Saudara Bagas, aksi akan dilakukan sampai empat hari ke depan untuk menggalang dana kemanusiaan dan mengumpulkan petisi.(izg/7/09/2017)


pic.by:hms




Tidak ada komentar