Tugas AMN 1 Resensi Buku "Komitmen Muslim Sejati"





Pada buku ini memaparkan karakteristik yang harus dimiliki seorang muslim sehingga ia benar-benar menjadi muslim yang sejati dan komitmen kepada islam. Agar seorang muslim mengetahui makna agama islam itu sendiri. Dan di dalam buku ini tidak hanya berisi tuntunan agama islam saja, akan tetapi juga berisi sistem kehidupan untuk menjadi panduan bagi seluruh umat manusia dalam menata hidupnya.

Pada Bab pertama dengan judul saya harus mengislamkan akidah saya. Syarat pertama dalam berkomitmen itu adalah aqidah seorang muslim harus lurus, jelas dan benar sesuai tuntunan al-qur'an dan as-sunnah. Seorang muslim itu tanpa aqidah yang benar tentunya tidak akan mampu membina dan merasakan suatu komitmen dalam islam dan iman yang lemah akan mempengaruhi segala aktifitasnya. Maka dari itu kita harus meluruskan niat dn perbaiki amal dan aktivitas kita hanya untuk Allah.

Pada Bab kedua dengan judul saya harus mengislamkan ibadah saya. Pada buku ini dijelaskan tentang ibadah yang harus dilakukan itu seperti apa dan menjadikan diri ini untuk selalu menghambakan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Pada Bab ketiga dengan judul saya harus mengislam akhlaq saya. Akhlaq sendiri yaitu suatu sikap atau perilaku seseorang yang sudah menjadi suatu kebiasaan, dan akhlaq di bagi menjadi 2 yaitu akhlaq baik dan akhlaq buruk. Di dalam buku ini menjelaskan bahwa akhlaq yang baik itu harus dibuktikan dengan perbuatan yang dilandasi dengan iman dan akhlaq yang baik itu terlahir dari ibadah.

Pada Bab keempat yaitu saya harus mengislamkan keluarga dan rumah tangga saya membawa misi islam dalam lingkup masyarakat kecil yaitu keluarga. Sebuah keluarga dimulai dari sebuah pernikahan dan tanggung jawab atas pernikahan itu banyak sekali mulai tangggung jawab sebelum pernikahan, setelah pernikahan dan tanggung jawab suami-istri dalam mendidik anak.

Pada Bab lima menjelaskan yaitu tentang saya harus mampu mengalahkan nafsu saya. Dalam menghadapi nafsu manusia itu di bagi menjadi 3 yaitu : orang yang mengalahkan nafsu (maksum), orang yang dikuasai nafsunya dan orang yang berusaha keras mengontrol diri dan melawan nafsunya.

Pada Bab enam yaitu saya harus yakin bahwa haari esok milik islam. Mengimani islam sebagai jalan hidup pada tingkat keyakinan bahwa masa depan adalah milik islam dan islam itu merupakan satu-satunya tata cara yang sesuai dengan segala kebutuhan dasar manusia.

Buku : Komitmen Muslim Sejati
Karya : Fathi Yakan
Resensi oleh : Fiky Wafirotul Fadhilah (PK Tjokroaminoto)

1 komentar:

  1. Sip... semoga kita senantiasa menjaga komitmen kita sebafai muslim sejati.. aamiin..

    BalasHapus