Tingkatkan Ibadah Ramadhan dalam Dauroh Qur’an

sumber: pic.by_kdsquad
Ramadhan adalah bulan Al-Qur’an karena pada bulan mulia ini, Allah menurunkan Al-Qur’an. Ibadah di bulan Ramadhan juga memiliki kekhususan tersendiri karena selain kemuliaan yang dimiliki bulan suci ini, pahala yang didapat juga berlipat ganda. Tak heran jika pada bulan ini, semua wilayah di dunia entah itu rumah, surau, atau kah masjid, ramai dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Bayangkan saja jika dalam bulan-bulan lainnya pahala membaca Al-Qur’an sudah luarbiasa dan di bulan Ramadhan justru masih berlipat ganda dari biasanya. Sungguh Allah Maha Mencintai hamba-hamba-Nya yang bertaqwa.
Ramadhan kali ini, 1438 H PD KAMMI Jember telah melaksanakanDauroh Qur’an dalam rangka meningkatkan ibadah d bulan suciserta menambah pemahaman kader KAMMI Jember tentang Al-Qur’an. Acara diselenggarakan pada hari Sabtu-Ahad, 10-11 Juni 2017 yang bertepatan dengan 15-16 Ramdhan 1438H, bertempat di masjid Nur Rohman, Jember.  Daurh Qur’an diselenggarakan atas kerjasama Bidang Pembinaan Kader PD KAMMI Jemberdan semua bidang kaderisasi Komisariat. Dauroh Qur’an dengan mengangkat tema “Mencetak Generasi Qur’ani:Rapatkan Barisan, Wujudkan Bulan Ramadhan Gemilang”. Diharapkan dengan penyelenggaraan Dauroh ini dapat menumbuhkan semangat dan kecintaan kader KAMMI terhadap Al-Qur’an.
Kegiatan ini bersifat internal dan cukup mengundang antusiasme dari peserta Dauroh. Dauroh Qur’an ini juga dapat dijadikan sebagai sarana memper-erat silaturrahim antar kader KAMMI Jember dalam kesempatan berkumpul untuk memperkuat ukhuwah. Kegiatan Dauroh sendiri melputi kajian materi tentang Al-Qur’an terkait Akhlak terhadap Al-Qur’an, Tahsin Bacaan Al-Qur’an, Muqodimmah Ulumul Qur’an, Motivasi Menghafal Al-Qur’an, dan Pengantar Ilmu Tafsir. Selain itu kegiatan lain yang dilakukan adalah Tasmi’ Qur’an dan Khataman Al-Qur’an bersama.

Dauroh Qur’an memberikan muatan-muatan bermanfaat guna memotivasi kader KAMMI untuk lebih mencintai Al-Qur’an dengan mempelajari dan mengamalkannya, sebagaimana sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam “sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkan isinya”(HR. Bukhari). (izg/15/06/'17)

Tidak ada komentar