Momentum Pelantikan Pengurus KAMDA Jember 2022-2023

 


Minggu (16/10/2022), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah Jember  mengadakan pelantikan pengurus baru periode 2022-2023 yang diadakan di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Jember. Acara ini terasa begitu istimewa karena turut dihadiri pula oleh Ketua PP KAMMI, Zaki Ahmad Rifai, S.H.I., M.H., Ketua Presda Keluarga Alumni KAMMI Jember, Andri Sulistyono, S.Pd., M.Pd.,  Ketua Pengurus Wilayah KAMMI Jawa Timur, M. Fachrurrozi, S.T., Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Sosial) Ahmad Dafit Fatahilah, S.Sos., serta tentunya beberapa  organisasi Cipayung Plus Jember. Setelah melalui tantangan pandemi yang begitu panjang, pada kesempatan kali ini Pengurus Daerah KAMMI Jember dilantik secara langsung oleh Ketua PP KAMMI, Zaki Ahmad Rifai, S.H.I., M.H.

KAMMI Jember berharap selama satu periode kepengurusan kedepan mampu bersinergi dalam mewujudkan narasi “Bersama Merawat Indonesia”. seperti yang kita tahu, bahwa 2 tahun pandemi meenyisakan banyak tantangan yang melanda organisasi pergerakan, termasuk KAMMI. Pandemi adalah tahun-tahun yang suram, suram untuk pengkaderan, ekonomi dan segala aspek lainnya. Dalam survive menghadapi transasi kehidupan pasca pandemi perlu usaha yang ekstra dan menjadi catatan khusus bagi KAMMI Jember sebagai salah satu organisasi setingkat daerah untuk bisa menjadi bagian yang mampu mendesak pemerintah agar memberikan kebijakan-kebijakan yang jelas terkait aspek apapun, baik itu pembangunan kembali ekonomi nasional, SDM-SDM unggul, stabilitas politik dan lainnya. Usaha ini tentunya tidak mudah dan dihiasi kesusahan dan kepayahan yang luar biasa selama menghadapi tahun-tahun pandemi maupun pasca panedmi untuk terus beradaptasi. "Kita lebih baik berjuang 1 periode kepengurusan ini dengan usaha yang maksimal walaupun mengalami kesusahan dan kepayahan untuk membangkitkan pengkaderan, militansi dan segala potensi yang ada dari KAMMI Jember daripada diingat sepanjang umur sebagai pemimpin yang tidak bertanggung jawab di organisasi KAMMI dan gerakan mahasiswa", begitulah yang disampaikan oleh ketua KAMDA Jember yang baru dilantik, Imad Aqil.

Ketua Pengurus Wilayah KAMMI Jawa Timur, M. Fachrurrozi, S.T, dalam sambutanya menyampaikan bahwasanya momentum pelaksanaan pelantikan PD Jember berdekatan momentum maulid nabi yang mana kita harus bisa mengambil contoh dari sifat kepemimpinan Rosululloh SAW secara geografi, yakni Arab Saudi atau Jazirah Arab yang tidak dipandang oleh dua emperium besar akhirnya menjadi tempat yang sangat diperhitungkan bagi sejarah umat manusia. Jika mengambil referensi dari paradigma gerakan KAMMI, maka KAMMI mengenal adanya intelektual proventik yaitu intelektual yang berbasis pada nalar kenabian, intelektual yang mebuat para intelektual ke-blinger dengan intelektualnya, intelektual yang membuat kita terus dipandu dengan nalar-nalar kewahyuan. Dengan adanya intelaktual ini, ketua PW KAMMI Jatim berharap orang-orang di KAMMI tidak menjadi menara gading yang terlepas dari kehidupan masyarakat disekitarnya, yakni selain pintar, kader KAMMI juga harus melihat realita yang ada di masyarakat. Jangan sampai solusi yang diberikan terlepas dari kehidupan-kehidupan di masyarakat, sehingga kebijakan-kebijakan yang diambil pun tidak selaras dengan permasalahan yang ada.

Lebih lanjut ketua PW KAMMI Jatim yang merupapakan penggemar olahraga juga menyoroti tema yang diangkat dalam pelantikan PD KAMMI Jember kali ini, yakni “Estafet Kepemimpinan”. Menurutnya, pemilihan kata “estafet” yang berarti sesuai jalur atau tracking yang telah ditentukan dan melakukan percepatan guna mewujudkan cita-cita yang hendak dicapai. Tak lupa pula, beliau juga mengingatkan bahwa Jember, Sebagai KAMDA paling ujung di Jawa Timur tidak perlu berkecil hati, namun justru harus menjadi motivasi tersendiri bagi KAMMI di daerah lainya.

Tidak ada komentar