AKSI PEDULI HIJAB, BIDANG PEREMPUAN KAMMI BERSAMA ALIANSI MUSLIMAH JEMBER BAGIKAN 300 HIJAB


pic,by:hms

pic.by:hms
Dalam rangka memperingati Hari Solidaritas Hijab Internasional atau dikenal dengan IHSD (International Hijab Solidarity Day), Bidang Perempuan KAMMI bersama aliansi Muslimah Jember Peduli Hijab melakukan aksi dengan membagikan hijab dalam bentuk kerudung, gamis, baju muslimah, dan kaos kaki yang keseluruhannya berjumlah tidak kurang dari 300 buah. Aksi ini dillakukan sebagai wujud solidaritas mulimah dunia. Aksi ini juga memiliki esensi sebagai wujud dan dukungan bagi muslimah berhijab yang terdiskriminasi di seluruh dunia.
Dilatarbelakangi oleh Konferensi London, 4 September 2004 silam dan dimotori oleh beberapa negara seperti Perancis, Inggris, dan Tunisia, akhirnya IHSD saat ini dilakukan berbagai negara di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Kota Jember sebagai salah satu kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia dengan penduduk mayoritas beragama Islam memiliki perhatian terhadap hal ini, terbukti dari aksi peduli hijab yang digelar oleh Aliansi Muslimah Jember Peduli Hijab pada hari Ahad, 17 September 2017 di alu-alun Kota Jember, masyarakat memberikan apresiasi terhadap kegiatan atau aksi ini. Berdasarkan penuturan yang disampaikan masyarakat umum, mereka mendukung kegiatan IHSD dan turut memberikan dukungan terhadap muslimah berhijab.
pic.by:hms
Aksi yang di gelar di alun-alun Kota Jember pada hari Ahad (17 September 2017), sebelumnya didahului dengan pengumpulan donasi mulai 5 September s.d 16 September 2017. Hijab yang terkumpul tidak kurang dari 300 hijab. Disalurkan dengan menyebarkannya kepada masyarakat umum sebagai aksi simbolik dukungan bagi muslimah berhijab. Tidak hanya muslimah berhijab yang kemudian tertarik dengan aksi ini, namun ada juga muslimah yang belum berhijab dan tertarik untuk berhijab, selain itu ada juga muslimah yang baru berhijab sehingga acara ini menjadi spirit baginya untuk terus mempertahankan hijab yang dikenakan secaraistiqomah.
Aksi Peduli Hijab yang terselenggara dengan kerjasama berbagai pihak baik donatur dan sponsor diantaranya LAZ Rizki, Apollo, Bee’z Olshop, Visthi Hijab, dan Jember Grosir Fashion. Diikuti oleh para muslimah dari berbagai komunitas dan lembaga seperti Rumah Keluarga Indonesia, Rumah Qur’an Muslimah Al-Ikhlas, Jember Crafter Community, Jember Hija Community, Kemuslimahan FSLDK, Annissa F-SIAP, Sekolah Perempan Indonesia, Komunitas Perempuan Indonesia Sehat, termasuk Bidang Perempuan KAMMI.

Aksi ini selain membuka mata bahwa mungkin saja masih ada banyak muslimah yang terdiskriminasi dengan mengenakan hijab, sehingga aksi ini mengecam keras hal tersebut karena sejatinya hijab adalah suatu kebebasan bagi identitas seorang muslimah. izg/20/09/2017)

Tidak ada komentar