KAMMI JEMBER Peringati Harkitnas Adakan Aksi "Resik-resik Kali"



Dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional, PD KAMMI Jember melalui Departemen Sosial Masyarakat melakukan aksi “Resik-resik Kali” (bersih-bersih sungai) di daerah aliran sungai yang terletak dekat jalan Mastrip, pada Ahad (21 Mei 2017). Aksi ini diikuti oleh kader KAMMI Jember Raya dengan dukungan dari beberapa elemen yang tergabung dalam Grebeg Sedekah dan Komunitas Peduli Lingkungan Jember. Aksi resik-resik kali oleh Sosma KAMMI Jember ini sebagai wujud kepedulain KAMMI kepada lingkungan dalam rangka semangat kebangkitan bangsa. Sungai sebagai salah satu sumber air saat ini mengalami kondisi yang memprihatinkan. Jika dahulu sungai menjadi habitat ikan dan spesies sungai lainnya, namun saat ini pemandangan yang dapat dilihat sepanjang aliran sungai adalah pemandangan kumuh dengan warna air yang keruh dan belum lagi sampah yang berserakann dan hanyut disana-sini.
 
Aksi dilakukan mulai pukul 06.00 WIB hingga berakhir sekitar pukul 08.00 WIB dikoordinir langsung oleh Ketua Departemen Sosma PD KAMMI Jember, Deni Rahmawati. Agenda ini menarik perhatian masyarakat sekitar untuk turut serta dalam menggalakkan aksi ini. Para relawan dan simpatisan yang ikut terjun dalam aksi nyata memungut sampah-sampah di sekitar sungai, mengumpulkannya dan kemudian sampah-sampah ini akan diangkut oleh truk sampah meuju TPA (Tempa Pembuangan Akhir).

Aksi ini bertujuan agar masyarakat sadar dan peduli lingkungan, khususnya dalam menjaga kebersihan aliran sungai. Sungai tidak hanya menjadi sumber air bagi kebutuhan sehari-hari manusia namun sungai merupakan penyeimbang alam dengan berbagai makhluk yang hidup di dalamnya dengan membentuk ekosistem sungai. Sungai yang bersih juga menunjukkan bahwa masyarakat sekitar sungai adalah masyarakat yang bersih dan sehat. Tercemarnya sungai selain mengancam ekosistem sungai itu sendiri juga berdampak bagi kesehatan masyarakat di sekitar aliran sungai tersbut. Maka kesadaran untuk menjaga kebersihan ini selayaknya dimiliki oleh masyarakat agar tercipta kehidupan yang bersih dan sehat. Masyaraka yang sehat akan mampu membangun bangsa yang sehat. Membangkitkan semangat pembangunan dengan memulai dari kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat.(izg/22/05/2017)

sumber:pic.by-sosma

Tidak ada komentar