Penguatan Organisasi: PD KAMMI Jember lakukan “Sensus Kader”



Proses kaderisasi dalam sebuah organisasi adalah sebuah keniscayaan. Kaderisasi sebagai bagian pengokohan organisasi dan juga penyebaran misi atau nilai-nilai organisasi yang diyakini kebenarannya. KAMMI, sebagai organisasi kader (harokatul tajnid) dan organisasi pergerakan (harokatul 'amal) menggunakan pendekatan sistematik dalam keseluruhan proses kaderisasinya. Semua bentuk aktivitas kegiatan kaderisasi disusun dengan semangat integralistik untuk mengupayakan lahirnya kader-kader berkualitas yang mampu mewujudkan tujuan organisasi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, PD KAMMI Jember periode 2015/2016 melakukan “Sensus Kader” guna mendapatkan data Kader KAMMI di bawah naungan PD KAMMI Jember. Data tersebut akan diolah sebagai dasar pembuatan kebijakan dan Rencana Jangka Menengah PD KAMMI Jember selama 2016-2020 mendatang. “Sensus ini mempunyai tujuan jangka panjang, yaitu memiliki kaderisasi yang kuat, handal, berkelanjutan yang terinternalisasi utuh dan khas dalam diri setiap kader. Kemudian, dalam pelaksanaan teknis dilapangan arahan Rencana Jangka Menengah PD KAMMI Jember” terang Dani Setiawan S.TP Kepala Dept. Kaderisasi PD KAMMI Jember.

Beliau menambahkan sensus kader ini sangat pentinng guna: 1) Memperluas akses rekruitmen kader. 2) Meningkatkan sistem pembinaan dan pemberdayaan kader. 3) Mengimplementasikan perangkat kaderisasi secara efektif dan efisien. 4) Menumbuhkan sense of belonging dan menjaga komitmen kader. 5) Memiliki data base kader yang selalu diperbaharui secara periodik. 6) Mempunyai dan memenuhi target kualitas dan kuantitas kader pada setiap jenjang. 7) Mampu mencetak kader militan yang memiliki disiplin ruhiyah, kemantapan fikriyah dan kekuatan jasadiyah. 8) Menyusun strategi rekruitmen yang kreatif dan inovatif. Lanjut mahasiswa Program Magister di Pasca Sarjana Universitas Jember.

“Semoga  Sensus Kader PD KAMMI Jember berjalan dengan baik dan diberikan kelancaran. sistem pengkaderan yang ada di KAMMI dengan berbagai sarana dan prasarananaya benar-benar dapat menghasilkan pemimpin yang dinantikan oleh bangsa ini. Hingga pada nantinya mampu menyelesaikan permasalahan negeri ini dan mampu menjadikan negeri ini menjadi negeri yang maju, bermartabat dan menjadi pelopor lahirnya tatanan baru peradaban dunia” tutur Eva Ratnasari kaderisasi PD KAMMI Jember menambahkan. (ANK/PD/01/16)

Tidak ada komentar