DELEGASI KAMMI JEMBER RAIH JUARA PADA JAMBORE KEBANGSAAN DAN KEWIRAUSAHAAN



ed.by:tiez

Jambore Kebangsaan dan Kewirausahaan yang digelar pada 24 Oktober sampai dengan 29 Oktober di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas, Cianjur, Jawa Barat telah berhasil diselenggarakan. Diikuti oleh ribuan peserta dari kalangan pemuda dan mahasiswa. Acara yang digagas oleh Forum Cipayung Plus yang terdri dari 15 OKP (Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda) ini bertujuan untuk  membangun jiwa patriotik sebagai generasi bangsa untuk mewujudkan NKRI yang berdaulat. Selain itu Jambore juga mengusung tema kewirausahaan bagi generasi muda untuk menghadapi tantangan arus globalisasi.

Ekonomi sebagai soko guru beradaban bangsa tentu harus disokong oleh sumber daya manusia yang mumpuni. Pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas tentunya digali dari masyarakat Indonesia yang peduli. Maka para pemuda, dalam ajang ini diberikan kesempatan untuk berkompetisi dalam memberikan ide-ide dan gagasannya guna membangun dan berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarkat dari kesadaran berwirausaha.

Dari serangkaian acara yang juga dihadiri oleh Para Tokoh Bangsa, ajang kompetisi di berbagai bidang diselenggarakan untuk melatih jiwa kompetisi bagi para peserta. Dari berbagai jenis lomba yang diselenggarakan, KAMMI Jember dapat menjuarai beberapa perlombaan diantaranya, Juara 2 Pitching Challenge, Juara 3 Fotografi Merah Putih, dan masuk pada 15 besar proposal kewirausahaan terbaik. “Pesera sebagai benih enterpreneur bangsa Indonesia yang memiliki kemandirian, kapabilitas,dan patriotisme diharapkan mampu membangkitkan ekonomi sebagai modal mewujudkan cita-cit kemerdekaan Indonesia,” terang Deni, salah satu delegasi Jambore dari KAMMI Jember.

Delegasi dari KAMMI Jember diwakili oleh Boim Hadi Suwarno, Syukron Al Ma’mun, Deni Rahmawati, dan Heru Juianto. Tiga dari delegasi tersebut adalah tim untuk bidang kewirausahaan, dengan projek yang diberi nama cempolong berkah yaitu sebuah bisnis plan untuk budidaya ikan lele menggunakan cempolong sebagai gorong-gorong atau memanfaatkan teknologi bioflok.
. Sementara Heru Julianto adalah delegasi KAMMI Jember sebagai peserta Jambore Kebangsaan. 

Jambore ini diharapkan mampu membangun jiwa kepemimpinan dan melahirkan pemuda-pemuda progresif yang mampu berkontribusi untuk mewujudkan kejayaan Indonesia. Jambore Kebangsaan dan Kewirausahaan ini, selain sebagai ajang kompetisi dan membentuk jiwa kepemimpinan, agenda besar ini juga merupakan wujud persatuan para pemuda yang mampu mewujudkan persauan dan kesatuan, ditengah keberagaman dari latar belakang suku, ras agama, daerah, dan organisasi yang diikuti, para pemuda bangsa tetap bersatu dalam semangat Bhineka Tunggal Ika. (izg/31/10/'17)


Tidak ada komentar